INDONESIA AKAN JADI LAHAN POTENSIAL BAGI ASING

Hi Excellent people ...
Banyak sekali software asing yang menawarkan monitoring control terhadap lantai produksi. Sebenarnya sah-sah saja. Namun anak-anak bangsa sebenarnya mampu membuat softwarenya untuk industri, dan sudah banyak terbukti. Hal ini mengurangi ketergantungan kita terhadap asing. Mari berikan kesempatan kepada anak-anak Bangsa.

INDUSTRIAL 4.0 PERLU INVESTASI BESAR



Untuk mewujudkan industrial 4.0, aspek investasi perlu diperhitungkan dengan matang. Investasi dimulai dari tingkat Field level. Pada field level terdapat sensor, transmitter, controller, servo, robot dll,  yang dapat mengakomodasi horizontal integration system maupun vertikal integration system. Industrial memerlukan investasi yang tidak sedikit.

"Industrial 4.0 memerlukan investasi yang tidak sedikit."
Beberapa corporate besar tidak ragu untuk menggelontorkan milliayan rupiah  untuk mengadopsi industrial 4.0. Tapi apakah perlu? tapi apakah efektif? atau hanya larut dalam euforia?
Ketergantungan kita terhadap devise pendukung industrial 4.0 dari PRODUK ASING saat ini masih sangat tinggi  . Maklum saja, produk dalam negeri mulai dari tingkat Sensor, Transmitter, Robotic, PLC , Embeded PC dll belum tersedia, masih tergantung dari luar.

"produk dalam negeri mulai dari tingkat Sensor, Transmitter, Robotic, PLC , Embeded PC dll belum tersedia yang mendukung industrial 4.0 artinya ujung ujungnya masih mengandalkan produk asing."
Hal lain yang tidak kalah penting adalah ketergantungan kita terhadap barang tidak berwujudSOFTWARE terhadap asing sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena software lokal  masih kalah promosi dibanding dengan  dengan pemain atau integrator dari overseas. 

Pengalaman kami dalam integrasi MES, OEE , digital preventive maintenance system , SCADA, Energy Monitoring System pada berbagai macam industry dan manufacturing : 50% Investasi ada pada pengadaan Hardware, sedangkan sisanya 50% adalah barang tidak berwujud atau software. 

Hari ini, kami melihat ASING sangat agresif melirik indonesia sebagai pangsa pasar yang sangat empuk untuk industrial 4.0. Produk-produk asing sebagai supporting hardware industrial 4.0 mulai membanjiri tanah air, termasuk IIOT devices. Tidak segan-segan overseas produk menawarkan teknologi nya dengan harga yang selangit. Mau tidak mau, suka tidak suka industrial 4.0 sudah didepan mata.

Bijaksanalah dalam memilih hardware ataupun software bahan yang akan digunakan. untuk Manufacturing, device yang digunakan sangatlah spesial berbeda dengan Lini bisnis lainnya. Manufacturing membutuhkan high speed, lebih presisi, lebih akurasi, safety faktor yang tinggi, tahan terhadap lingkungan industri, punya sertifikasi dan lain-lain.

OEE, oee, oee adalah, rumus oee, metode oee, oee mesin, oee solution, contoh menghitung oee, oee benchmark data, oee calculation, example, oee industry, vmtech, perusahaan vmtech, vmtech software, victor harefa, industry 4.0, rockwell automation, wonderware, efactory, IIOT, IOT, Edge computing, Edge cloud, mttr, mtbf, machine, mesin, suhu, akuisisi data mesin, packing, cokote, minor stop,scada system, apa itu mes, mes adalah

Advance OEE (Overall equipment effectiveness) part #1

Apa itu Advance OEE ? Advance OEE adalah bukan OEE biasa, melainkan adalah bentuk OEE yang sudah diadaptasi dengan perkembangan teknologi d...