TIPS MEMILIH VENDOR MES/OEE AUTO SCORING





























hi excelllent people ...

Agak sulit untuk menentukan vendor penyedia sistem OEE Scoring yang auto (Software & hardware). Berikut beberapa tips yang seharusnya dapat diaplikasikan ketika memilih vendor MES system atau OEE Scoring.


  1. Pastikan menggunakan perangkat hardware yang industrial.
  2. Pastikan vendor tersebut dapat customizing, sesuai dengan kondisi dan ekspektasi top management.
  3. Semaksimal mungkin data atau Trigger diambil dari mesin langsung. Jika tidak bisa, minimal menghilangkan kertas dan ballpoint. 
  4. Hardware yang digunakan Robust Design dan Seamless Connectivity serta modular system. Sebab ada ratusan sensor, ratusan relay, ratusan selenoid di lantai produksi yg akan di ambil datanya untuk BIG DATA.
  5. Hardware sudah dipersiapkan untuk integrasi selanjutnya dengan produk dan mesin lain. 
  6. Lihat tingkat kedalaman data type downtime ataupun quality. Sebaiknya downtime diuraikan Lebih Detail, hingga ke root cause dan syntomp nya. Dengan demikian top management akan dihadapkan pada data yang aktual dan efektif sebagai bahan improvement. 
  7. Pastikan menggunakan dashboard yang Real Time, serta bermanfaat untuk operator lapangan. 
  8. Pastikan mendapatkan warranty selama mungkin, karena dalam prakteknya anda akan berhadapan dengan small modification terhadap tampilan, atau bahkan algoritma pemograman di masa mendatang
  9. Informasi jenis down Time, jenis rejection, rumus perhitungan OEE, template dashboard, template database dan reporting disepakati di awal. 
  10. Sebelum implementasi sebaiknya dilakukan simulation secara software, memastikan semuanya sesuai dengan konsep yang disepakati, sebelum benar-benar instalasi.
Pertimbangan harga adalah faktor yang juga sangat menentukan, karena customer dibebankan untuk menginvestasi beberapa licence dari software, termasuk operation system yang digunakan dalam server.





oee calculation tpm adalah analysis software hardware plc application availability performance quality analytics free download open source comparison price application
wonderware rockwell www vmtech indonesi

Advance OEE (Overall equipment effectiveness) part #1

Apa itu Advance OEE ? Advance OEE adalah bukan OEE biasa, melainkan adalah bentuk OEE yang sudah diadaptasi dengan perkembangan teknologi d...