HUBUNGAN DIGITALISASI DENGAN AUTO OEE SCORING

HUBUNGAN DIGITALISASI DENGAN AUTO OEE SCORING


OEE score adalah indikator Matrix bagi perusahaan, serta menjadi KPI bagi lantai produksi untuk melihat efisiensi semua yang terlibat dalam proses produksi. Diperlukan suatu sistem OEE yang kredibel dan aktual serta dipercaya semua pihak yang terlibat. Tidak ada data manipulation, copy paste, atau human error atas sistem OEE scoring.

OEE  adalah sebuah gambaran visual  dan terukur akan semua hal yang terkait dengan proses produksi. OEE memberikan gambaran kepada apa saja problem atau masalah yang timbul dalam proses produksi yang mempengaruhi output. OEE akan menguraikan kepada anda masalah dari yang  prioritas sampai kepada yang tidak prioritas.

OEE sangat hebat.  Nah, itulah yang menjadi dasar pertimbangan langkah selanjutnya. OEE  adalah step pertama,  adalah titik balik buah keputusan mau maju atau mundur?,  mau menerapkan otomatisasi atau tidak?,  mau mengganti operator menjadi robot atau tidak?.  Itulah hubungan antara OEE  dengan digitalisasi.

OEE sangat hebat.  Nah, itulah yang menjadi dasar pertimbangan langkah selanjutnya. OEE  adalah step pertama,  adalah titik balik buah keputusan mau maju atau mundur?,  mau menerapkan otomatisasi atau tidak?,  mau mengganti operator menjadi robot atau tidak?.  Itulah hubungan antara OEE  dengan digitalisasi.


Sekali lagi bahwa OEE scoring  adalah titik awal,  petunjuk,  kompas  bagi top manajemen dan owner perusahaan untuk bisa bertindak.

Data dengan Kredibilitas yang tinggi

Ketika bicara data yang punya kredibilitas tinggi, kita akan dihadapkan pada sebuah sistem auto yang jauh dari manual entri atau manual reporting. Semua data akan di-collectiing secara otomatis. Dalam kondisi real time, integrated, fleksibel, dan customizing.

Anda butuh sistem yang modern, anda butuh hardware dan software yang bisa mengakomodasi auto data collection, computizing, visualisasi, data base, auto reporting, auto analisis, auto intelegensi. Anda akan memasuki sebuah era digital yang membawa perusahaan anda bisa bersaing dan memenangkan kompetisi global.

Fitur AUTO DATA COLLECTION

Untuk mendapatkan OEE SCORE yang Auto, Beberapa trigger pada flow proses seperti STARTING, ENDING, COUNTING, STOP, RUNNNING, DOWNTIME dll terhubung langsung dengan PLC polling, yang mengakuisisi data secara langsung dari mesin secara Real Time.


Singkat kata, trigger tersebut mengalirkan beberapa data ke PLC polling kemudian dilakukan pengolahan data, untuk mendapatkan OEE scoring yang Auto. Akan berubah dalam interval waktu tertentu sesuai dengan pencapaian produksi yang terjadi.

Jika signal-signal tersebut masih manual, ada baiknya ditambahkan atau digantikan oleh sensor yang punya konektifitas analog, digital, serial dll.

Lantai Produksi sangat kompleks, anda butuh HMI ( Human Machine Interface)

Untuk Notifikasi Downtime, banyak cara untuk mendapatkan Notifikasinya . Hal inilah yang menjadi kelebihan dari VMTECH sebagai vendor yang customizing. Data downtime atau jenis downtime ada yang langsung didapatkan dari existing PLC. Jika tidak memungkinkan, ada juga yang didapatkan dengan metode lain di luar dari PLC Existing.  Ada yang diwakilkan oleh barcode system, ada yang diwakilkan dengan tombol push bottom dan yang sedikit lebih advance , ada yang dilakukan dengan Interface touchscreen.

Semua bergantung kepada kondisi lapangan, differensiasi fitur serta budget yang tersedia.
"Notifikasi Downtime , ada yang diwakilkan oleh barcode system, ada yang diwakilkan dengan tombol push botton dan yang sedikit lebih advance , ada yang dilakukan dengan Interface touchscreen. "
OEE, oee, oee adalah, rumus oee, metode oee, oee mesin, oee solution, contoh menghitung oee, oee benchmark data, oee calculation, example, oee industry, vmtech, perusahaan vmtech, vmtech software, victor harefa, industry 4.0, rockwell automation, wonderware, efactory, IIOT, IOT, Edge computing, Edge cloud, mttr, mtbf, machine, mesin, suhu, akuisisi data mesin, packing, cokote, minor stop,scada system, apa itu mes, mes adalah

Advance OEE (Overall equipment effectiveness) part #1

Apa itu Advance OEE ? Advance OEE adalah bukan OEE biasa, melainkan adalah bentuk OEE yang sudah diadaptasi dengan perkembangan teknologi d...